Penggantian Kartu Mandiri yang Tertelan ATM : Mudah, Cepat, Tanpa Biaya!

Dear teman-teman online, usahakan kalian fokus ketika menggunakan mesin ATM agar tidak mengalami pekok moment macam saya. Kemarin saya baru sadar kalau kartu debit Mandiri saya tidak ada di dompet, padahal terakhir saya menggunakannya dua hari sebelumnya untuk setor tunai di ATM sebuah mall. Nah ketika kalian mengalami hal ini, ambil nafas panjang dan tetap tenang.

Bank Mandiri telah menjelaskan urutan prosedur penggantian kartu yang dapat dibaca pada tautan ini, namun saya sekedar ingin berbagi pengalaman saya.

Berikut urutan hal yang saya lakukan setelahnya:

  1. Menghubungi Mandiri Call 14000 dan memilih menu pemblokiran kartu. Ketika data saya diverifikasi oleh petugas, benarlah kalau kartu saya memang diselamatkan si ATM dan sudah dilakukan auto blokir. Kartu yang sudah ditelan ATM sudah tidak bisa kembali pada nasabah dan langsung dimusnahkan, dan petugas menjelaskan kalau saya bisa datang ke cabang manapun untuk mengurus penggantian kartu dengan membawa KTP dan buku tabungan. Penggantian kartu tidak akan dikenakan biaya.
  2. Datang ke kantor cabang Mandiri, mengisi form surat pernyataan di CS, dan voila! saya langsung mendapatkan kartu pengganti. Saya ditawari memilih antara Debit Silver GPN dan Gold Visa, karena Silver Visa yang lama tak lagi diterbitkan. Kartu Silver Visa tersebut sekarang setara dengan si Gold Visa. Biaya bulanan GPN lebih murah yaitu Rp2.000,-/bulan sedangkan si Gold Visa Rp.4.500,- per bulan. Kartu GPN ini diklaim lebih aman karena transaksi akan diproses tanpa melewati jaringan principal luar negeri. Namun, kartu GPN hanya bisa dipakai di dalam negeri dan belum dapat digunakan untuk pembayaran online. Karena saya telah mempunyai kartu lain yang lebih sering saya gunakan untuk transaksi online dan luar negeri, maka kali ini saya mencoba memakai Silver GPN hehe. Jika di kemudian hari saya kesulitan dan ingin mengganti kartu saya menjadi Visa Gold, biaya upgradenya gratis lho!
  3. Ke teller untuk memasukkan PIN baru. Saya harus menunggu 5 menit hingga kartu saya dapat digunakan.

Berikut penampakan kartu debit baru saya:

img_20200128_141828-1
Kartu Mandiri Debit Silver GPN

Jujur saya suka dengan pelayanan CS Mandiri kali ini. Super cepat dan tidak bertele-tele. Jempol bengkak lah buat Bank Mandiri!

Tes Kepribadian - Bentuk Jempol Ternyata Bisa Menunjukkan Sifat Seseorang, Kamu Termasuk yang Mana?

Satu saja yang mengganjal sebenarnya, Pemerintah Indonesia mengharapkan penggunaan kartu GPN terus meningkat, namun desainnya benar-benar-benar kaku dan monoton, kalah jauh dengan debit visa yang bergambar nuansa etnik yang lucu.

Image result for wayang debit visa mandiri

SEE??? Ayolah Mandiri, paling tidak agak niatlah kalau bikin desain buat kartu GPN! 😦

Leave a comment